Blogger Jateng

15 TIPS MENAMBAH FOLLOWERS INSTAGRAM ORGANIK TANPA APLIKASI !

 


Cara menambah followers IG tidaklah sesulit sebelumnya yang sama sekali tidak bisa diprediksi. Bahkan terkadang Anda harus sampai melakukan beberapa cara-cara seperti follow for follow. Namun, saat ini algoritma Instagram hadir lebih menyesuaikan dengan kebutuhan user, dimana sebenarnya jauh lebih kompleks karena memperhatikan relevansi dan konsistensi. 

Strategi branding sangatlah ampun untuk membangun bisnis, salah satunya melalui Instagram. Jadi, sudah waktunya bagi kita mulai memahami bagaimana Instagram bekerja. Sebetulnya, pengalaman yang ingin ditonjolkan Instagram dari waktu ke waktu tentu saja akses kemudahan dan relevansi konten yang dapat berkaitan dengan usernya. Sehingga, waktu yang user habiskan dalam Instagram bisa menjadi lebih lama durasinya. Nah, inilah yang menjadi fundamental awal berpikir bagaimana Anda menambah followers bukan? Mulai dari membantu Instagram untuk menyediakan konten yang terbaik dan sesuai dengan target pasar Anda. 

Menarik bukan perpindahan cara berpikir algoritma dan machine learning saat ini? Penasaran, yuk sama-sama kupas tuntas bagaimana cara jitu menambah followers IG organik, tanpa website ataupun aplikasi! 

Mengapa Harus Optimasi di Instagram?

Riset dikemukakan dari We Are Social menyatakan bahwa Indonesia adalah pengguna Instagram terbanyak pada posisi ke-4 di dunia. Hasil riset ini diambil pada bulan April 2022. Sudah jelas saat ini tentu semakin bertambah, meskipun adanya Tik Tok. Persebaran pengguna terbanyak byotu 21.6% individu penggunanya berusia 25-34 tahun dan 3,1% untuk usia 18-24 tahun. Daya waktu yang dihabiskan user menatap Instagram mencapai 74 menit per hari dibandingkan Tiktok yang lebih tinggi yaitu 1,5 jam. 

Ini beberapa alasan pendukung mengapa bisnis Anda perlu mengoptimasi Instagram untuk strategi marketing: 

  • Instagram memiliki pengguna aktif 1 miliar, terlepas dari seberapa besar potensi pasar Anda. Namun, ini adalah wadah yang cocok untuk memperkenalkan produk dan mengoptimasinya untuk menjadi pembelian. 
  • Pengguna aktif Instagram saat ini adalah mereka yang usianya lebih dari 34 tahun atau lebih. Dimana ini bisa dikategorikan sebagai masyarakat yang memiliki kekuatan membeli yang tinggi. 
  • Setiap hari paling tidak user memiliki kebiasaan memiliki 53 menit untuk ada di dalam Instagram. 83% dari penggunanya memiliki tujuan untuk mencari produk atau jasa. Jadi dengan menggunakannya secara efektif, Anda bisa dengan sangat mengoptimalkan pasar agar dapat melakukan pembelian di berbagai platform Anda. 

15 Cara Menambah Followers IG Organik, Tanpa Bayar Untuk Jangka Panjang! 

Optimasi secara organik perlu dilakukan dengan membuat akun Anda tampil berdasarkan preferensi pasar Anda. Mulai terlebih dahulu dengan mengemukakan siapa Anda lewat kata kunci yang tepat. Jika tidak, maka Anda tidak bisa mengoptimalkan akun. Semua dimulai dengan kata kunci yang tepat. Nah, untuk itu ini dia langkah yang perlu Anda siapkan untuk mengoptimasi Instagram agar bisa menambah banyak followers! 

1. Gunakan Reels 

Aktifkan Instagram Anda dengan menggunakan reels, saat menggunakan reels Anda bisa jadi lebih mudah untuk berinteraksi dengan banyak orang yang bukan berasal dari followers Anda. Namun, pastikan dulu untuk melakukan riset konten yang hendak Anda gunakan untuk menjadi reels. 

Menurut beberapa riset menggunakan jenis konten seperti: behind the scene, menambah teks pada video dan konten how to tips. Ini nyatanya membantu pergerakan reels bisa memiliki jangkauan yang luas. Dari sini Anda bisa menentukan siapa target pasar dengan konteks video dan konten yang ditampilkan. 

Jangan lupa diakhir dari Reels selalu menghimbau user untuk follow agar bisa menambah penggemar dari konten Anda. Jadi, apa kuncinya? Selalu analisa pasar, tentukan kebutuhan dan permasalahan mereka, mulai pecahkan masalah tersebut lewat konten Anda! Konten berguna, tentu saja followers meningkat. Autoritas akun semakin baik, Wow menarik bukan! 

2. Bio Profil yang Jelas + Tagar

Prinsip utama adalah pastikan agar bio profil Anda memiliki pesan yang disampaikan, paling tidak menjelaskan siapa Anda dan apa yang Anda jual atau tawarakan. Unique selling point, inilah yang sangat berguna untuk membantu Anda jadi lebih menarik dan berbeda dengan audiens lainnya. 

Penggunaan tagar yang tepat dan sudah diriset, nah Anda tentu bisa menggunakan kolom search untuk mencari apa saja kira-kira tagar yang potensial untuk Anda miliki dan secara konsisten menaruhnya dalam setiap post Anda. Pastikan juga memiliki CTA (Call to Action), diimanakah Anda akan menjual barang atau melakukan pembelian atau jasa. Untuk mempermudah, Anda bisa menggunakan beberapa 3rd party apllication yang gratis seperti linktree. Nah, dengan menggunakan ini Anda jadi lebih efisien, Andapun bisa menggunakan link tersebut untuk menyebarkannya ke dalam komunitas Anda. Jadi, mudah bukan 2 cara untuk menambah followers IG Anda? Kuncinya, berikan makna dan konteks pada mesin, maka audieins dengan sendirinya akan datang! 

Cara-tambah-followers-instagram


3. Business Account & Hindari Diprivat!

Pastikan mengkonfigurasi akun Anda menjadi akun bisnis, ini jelas membuat akun Anda tidak diprivat. Hindari memprivat akun Anda, karena user yang datang tentu tidak memiliki akses untuk melihat akun dan bisnis Anda. Dengan mengaktifkan business account, Anda bisa menganalisa berbagai interaksi yang timbul terhadap berbagai kreatif yang Anda tampilkan.  

4. Kolaborasi Tingkatkan Engagement

Untuk meningkatkan engagement, Anda hanya perlu menciptakan kolaborasi yang kuat dengan audiens. Adapun cara yang bisa Anda coba seperti mengadakan Giveaway. Sistem yang diberlakukan dapat mengundang sebanyak-banyak orang untuk melakukan tagging, sehingga secara tidak langsung adanya branding yang dibangun lewat aktivitas tersebut.

Cara lain yang bisa Anda gunakan adalah dengan bekerja sama kolaborasi dengan brand lainnya, sehingga Anda bisa bertukar segmen pasar. Biasanya tidak banyak brand yang mau menerima jika Anda sama sekali belum memiliki followers. Untuk itu, ada nilai lain yang dapat Anda barter. Atau jika memang memiliki budget yang cukup tinggi, Anda bisa gunakan event untuk mengundang banyak orang. Bagaimana mendatangkan audiensnya? Anda bisa melakukan iklan dengan Instagram Ads. 

5. Sales Promotion 

Untuk mendukung jalannya akun Instagram dengan baik, Anda bisa membagikan akun Instagram Anda kepada beberapa komunitas terkait yang Anda aktif di dalamnya. Mulai lakukan berbagai promosi menggunakan Whatsapp lewat berbagai promo. Dengan ini, Anda bisa mengajak banyak orang untuk mengikuti akun Anda dan mendapatkan promo. 

6. Gunakan Alt Text 

Alt text berfungsi untuk memberikan konteks kepada kata kunci dengan menempatkannya pada setiap postingan Instagram yang sudah Anda post. Ini memberikan konteks lebih tepat kepada mesin Instagram untuk setiap foto-foto yang Anda post. 

Meski tidak menjamin, namun dengan mengadakan ini pada setiap postingan Anda, tentu membantu munculnya peluang konten Anda untuk tampil dalam discovery page Instagram ataupun saat user mencari konten dengan akta kunci yang tertarget seperti konten Anda. 

7. Riset Tagar untuk Caption

Tagar bisa dijadikan untuk mengumpulkan kata-kata kunci yang menarik dan masih berhubungan dengan kata kunci induk. Memiliki kata kunci yang terurai dengan baik melalui tagar justru sangat membantu memberikan konteks kepada mesin pencari Instagram. 

Lakukan riset tagar dengan benar terhadap konten-konten Anda, sehingga konten bisa berfungsi dengan baik terhadap kontribusi pertumbuhan organic traffic Anda. Jangan lupa juga untuk selalu mengkombinasi brand keyword dan searchable keyword. Tagar memiliki kemampuan untuk menjadi sebagai katalog produk online Anda. Jadi, pastikan untuk mengklasifikasikan tagar berdasarkan nama brand dan kata kunci pencarian terkait produk. Misal #localbrandA berarti ini menjadi kata kunci brand, #taskulitberkualitas berarti ini menjadi kata kunci penemuan produk. 

8. Waktu yang Tepat

Ini fungsi dari mengaktifkan Business Account tentunya untuk meneliti waktu yang tepat untuk melakukan postingan. Anda bisa melihat dari bar yang paling tinggi setiap jamnya juga setiap harinya. Dengan memiliki pengetahuan ini sudah jelas Anda bisa memprediksi kapan waktu yang tepat untuk memposting. 

Nah, jika posting yang Anda lihat nyatanya tinggi di jam 6 sore, maka ada baiknya untuk menaikkan postingan Anda di 1 atau 2 jam sebelumnya. Ini jelas membantu Anda untuk mendapatkan potensi konten Anda untuk dilihat oleh banyak orang atau paling tidak target audiens Anda.

9. Geo Tagging 

Bicara tentang geo tagging, sudah pasti ini berbicara tentang lokasi. Mengapa penting untuk memasukkan lokasi setiap Anda memposting konten? Ini jelas membantu meningkatkan probabilitas Anda bisa hadir dalam discovery page orang-orang yang ada dalam lokasi yang sama dengan Anda dan kebetulan sedang mencari konten yang mereka butuhkan. Jadi, jangan abaikan fitur geo tagging ini. 

10. FAQ di Highlights 

Kehadiran FAQ di highlights sebenarnya membantu konsumen Anda untuk memperhatikan sisi kualitas dan kekuatan brand Anda. Jadi, jangan lewatkan untuk memberikan FAQ yang lengkap pada Instagram Anda. Ini sangat membantu untuk menambahkan kredibilitas pada brand Anda. 

11. Follow Followers Kompetitor  

Salah satu cara yang tidak pernah bisa diabaikan adalah dengan mengikuti followers dari kompetitor dan memberikan interaksi kepada mereka. Seperti like, comment atau jika Anda memiliki promo, Anda bisa mengirimkan direct message berisikan promosi atau kupon untuk menarik perhatian mereka. 

12. Konten Kreatif

Konten adalah kunci dari segalanya, sama halnya seperti apa yang dikemukakan oleh Bill Gates yang menyatakan bahwa “Content is The King”. Jadi, jika Anda bisa menonjolkan sejak awal bahwa Anda memiliki konten yang menarik, lengkap dan jelas. Sudah pasti Anda menarik banyak perhatian setiap orang yang sudah mengunjungi profil Anda.  

Untuk itu memiliki konten kreatif akan sangat membantu Anda untuk menjadi lebih menarik terutama jika Anda memiliki warna yang senada dan produk-produk yang memang berkualitas. Setidaknya tunjukkan keunggulan Anda dari segi design ataupun konten. Jadi lebih kreatif dan mantap di depan audiens!

13. Pos Foto di Akun Pribadi & Bisnis 

Sudahkah Anda mengetahui fitur terbaru dimana Anda bisa mengajak akun lain untuk posting konten yang sama dengan Anda. Post tertaut ini bisa Anda gunakan dengan menghubungkan postingan dengan akun Instagram Anda. Pastikan memiliki followers yang cukup banyak, atau jika tidak terlalu banyak, Anda bisa menggunakan KOL (key opinion leader)

14. Video Product Tutorial 

Biasanya jika menggunakan video produk, ini justru akan membantu Anda untuk membuat tutorial produk yang baik. Ini bisa jadi salah satu bentuk pengujian terhadap produk Anda, untuk memastikan apakah produk Anda menjawab permasalahan dan kebutuhan dalam masyarakat. Nah, dengan menampilkan video tutorial melalui reels, ini jelas menambah viewers yang kemungkinan besar bisa menjadi followers Anda. Pastikan video konten berkualitas, ya! 

15. Rekomendasi Lokal

Untuk rekomendasi pastikan untuk selalu mengikuti trends dalam masyarakat setempat. Anda tidak harus selalu memberikan pengetahuan terkait produk yang dijual. Namun, untuk memasarkan produk dan brand agar semakin luas, Anda juga bisa menulis rekomendasi terkait rekomendasi tempat-tempat sekitar yang bisa dikunjungi untuk makan siang, refreshing atau sekedar staycation bersama keluarga. 

Konsistensi Awal Dari Bisnis Berbuah Manis

Gimana? Sudah paham bukan cara menambah followers IG secara organik dan efisien? Usaha yang dilakukan dengan konsistensi signifikan biasanya memberikan Anda pola terhadap bisnis. Sama halnya dengan mengoptimalkan cara menambah followers IG itu sendiri. Dengan banyaknya followers, bisnis akan semakin terlihat kredibel dan ini juga merupakan cara mengoptimalkan target pasar Anda. Mulailah konsistensi untuk membangun branding Anda adalah suatu langkah konkrit yang tepat. 

Konten adalah tahapan awal yang konkrit dalam bisnis dan wajib diteruskan dari waktu ke waktu untuk membangun hubungan dengan audiens. Biasanya dengan konten yang dibangun secara konsisten, teratur dan baik, ini jelas akan memberikan tujuan yang jelas bagi bisnis. Mulailah untuk berkreasi dengan konten produk Anda, dengan adanya wadah seperti Instagram dan fitur reelsnya. Ini justru membuat Anda semakin lebih baik untuk melakukan riset konten yang tepat.